Sunday, September 10, 2017

10 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

ni adalah daftar 10 Tokoh yang paling berpengaruh di dunia sepanjang masa. Perangkingan ini diambil dari karya seorang Astrofisikawan bernama Michael H. Heart yang berjudul The 100. Michael H. Heart berkebangsaan Amerika melakukan studi mendalam dan lama untuk menyusun perangkingan tersebut dan konsep buku tersebut secara luas telah ditiru.
#1        Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad menurut Heart adalah satu satunya orang yang meraih kesuksesan luar biasa baik dibidang spiritual maupun masyarakat. Nabi Muhammad mampu merobah bangsa arab yang tebelakang, bar bar, egois menjadi bangsa yang maju dibidang ekonomi, budaya, militer bahkan sanggup mengalahkan Romawi yang waktu itu sebagai kekuatan terbesar dunia. Nabi yang membawa ajaran agama Islam ini menurut Heart adalah orang yang namanya paling sering dan banyak disebut sepanjang masa. Islam adalah agama besar dunia yang dianut oleh miliaran orang.
#2        Issac Newton
Dia adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam yang berasal dari Inggris. Newton disebut sebagai Bapak Ilmu Fisika Klasik karena berhasil meletakan teori dasar fisika dan berpengaruh dikemudian hari dalam sains dan teknologi hingga sekarang. Karya Newton menjadi tonggak untuk kemajuan revolusi ilmiah.
#3        Yesus / Nabi Isa
Yesus dari Bethlehem, adalah tokoh Yahudi berasal dari Israel yang membawa agama Kristen. Dalam Kristen dia disebut sebagai Juru Selamat atau Mesias, tapi agama Yahudi menolak dia sebagai Mesias. Dalam Islam dia adalah seorang Nabi dengan nama Isa al Masih atau Isa Putra Maryam. Kristen adalah agama besar di dunia dan saat ini dipeluk oleh banyak manusia.
#4        Siddhartha Gautama
Dikenal sebagai pembawa agama Budha, Siddhartha berasal dari Lumbini Nepal. Dia dari keluarga Kerajaan namun memilih hidup bertapa dan mengembara di luar Istana. Akhir pertapaannnya mencapai pencerahan dan dia bergeler Budha Gautama. Pengikut Budha saat ini tersebar di Asia Tenggara dan China.
#5        Kong Hu Cu
Dikenal sebagai pembawa agama Kong Hu Cu, filsuf, filsafatnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan yang berazas kuat pada tradisi Tionghoa sehingga dia menjadi terkenal. Konfusionisme menyebar hingga ke Jepang, Korea dan Vietnam. Bagi pemeluk agama Kong Hu Cu, dia dianggap sebagai nabi.
#6        Santo Paulus
Paulus dari Tarsus, dia adalah seorang Yahudi dari suku Benyamin. Ia seorang Farisi yang sering menganiaya penganut Kristen, setelah bertemu Yesus dia menganut Kristen. Dia menyebut dirinya sebagai Rasul untuk bangsa bangsa non Yahudi. Gagasannya yang menyatakan keselamatan yang dibawa Yesus untuk semua orang bukan hanya untuk Yahudi. Gagasannya ini mendapat pertentangan dari murid Yesus dari Yahudi asli. Dengan itu dia ditugaskan menyebarkan Kristen ke non Yahudi. Dia diangkat santo (orang suci) oleh gereja.   
#7        Ts’ai lun
Berasal dari China, nama aslinya Cai Jingzhong hidup dizaman dinasti Han. Dia terkenal sebagai penemu kertas. Cai Lun sorang pegawai istana dan ketika dia menemukan kertas lalu mempersembahkannya pada kaisar, kaisar senang dan dia diangkat jadi bangsawan. Penmuannya hingga saat ini berpengaruh terhadap kehidupan manusia.
#8        Johan Gutenberg
Johan Gutenberg berkebangsaan Jerman, dia seorang pandai logam dan pencipta. Dia terkenal sebagai pencipta mesin cetak dan mencetak Alkitab. Pengaruh dari ciptaannya hingga kini masih terasa walau mekanik pencetak telah berubah ke sistim elektronik.
#9        Christopher Columbus
Dikenal sebagai penjelajah, dia berasal dari Genoa Italia. Namun perjalanannya menyebarangi Atlantik menuju benua Amerika dibiayai oleh Ratu Issabela dari Spanyol. Namun belakangan didapati fakta Columbus bukanlah orang eropa pertama mengunjungi Amerika karena ada orang viking sebelumnya yang membentuk koloni L’anse Auxe Meadows dalam waktu singkat di Amerika Utara. Namun Columbus berpengaruh membawa orang Eropa berimigrasi ke Benua Amerika. 
#10      Albert Einstein
Lahir di Ulm Jerman dia berasal dari keluarga Yahudi. Dikenal sebagai fisikawan teoritis dia mencetuskan teori relativitas, banyak menyumbang untuk pengembangan mekanika kuantum, mekanika statika dan kosmologi. Eistein disebut sebagai ilmuwan terbesar abad 20. Penemuannya sangat berpengaruh dalam sains modern hingga kini.

No comments:

Post a Comment